Ditemukan Dinosaurus Tertua Di Dunia

[LONDON] Dinosaurus pertama yang berjalan di dunia kemungkinan telah ditemukan para ilmuwan. Disebut Nyasasaurus Parringtoni yang diperkirakan hidup antara 10 sampai 15 juta tahun sebelum ditemukan hewan yang disebut dinosaurus. dan lebih dari 150 juta tahun yang lalu sebelum era dinosaurus raksasa seperti Tyrannosaurus Rex menjelajah dunia.

Namun ukuran dinosaurus pertama ini tak begitu besar, hanya seukuran anjing Labrador atau Golden Retriever. Nyasasaurus memiliki buntut sepanjang lima kaki dan diyakini berjalan dengan kedua kakinya.

Data yang terdapat dalam temuan fosil Nyasasaurus menunjukan keberadaannya adalah beberapa juta tahun sebelum era permo-triassic dengan punahnya dinosaurus di muka bumi. Temuan ini juga menunjukan awal dari evolusi dinosaurus.

Sebab semua kehidupan di muka bumi ini sekarang adalah empat persen dari keturunan spesies  yang mampu bertahan dari kepunahan dinosaurus, sekitar 250 juta tahun yang lalu, yang  mungkin disebabkan oleh jatuhnya sebuah asteroid besar ke muka bumi ataupun dampak dari letusan gunung vulkanik yang sangat besar.

Ilmuwan mengatakan "Kami dengan percaya diri meyakini temuan ini mengarahkan kami pada evolusi di awal dari pertengahan era Triassic yang diperkirakan terjadi pada 243 juta tahun  yang lalu".

Fosil temun Nyasasaurus berupa sejumlah tulang iga dan tulang tangan. Hanya saja ilmuwan belum yakin dengan apa yang dimakan dinosaurus tertua ini.

Tetapi diyakini, dinosaurus ini memiliki kesamaan dengan dinosaurus tertua lainnya yang  pernah hidup, yakni mereka makan tumbuhan dan serangga.

Fosil ini awalnya dikoleksi dari ekspedisi yang dilakukan Universitas Cambridge di Tanzania, Afrika sekitar tahun 1930-an, dan diuji selama lebih dari satu dekade oleh ahli paleantologi dari  museum sejarah nasional Alan Charig. [L-9]

Baca juga:
Pulau Buatan Raksasa Di Dalam Kubah

0 comments:

Post a Comment

@2012 by: Artikel Bahasa Indonesia. Powered by Blogger.